Contoh Pembuatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Untuk Sekolah Format Baru

Contoh Pembuatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Untuk Sekolah Format Baru

PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) adalah Penelitian praktis yang di maksudkan untuk memperbaiki pembelajarn di kelas. Dalam dunia pendidikan guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Merupakan sarana ternudah untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevalusai pengelola pembelajaran. 

Contoh Pembuatan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) Untuk Sekolah Format Baru

Alternatif tindakan yang paling tepat dilakukan adalah menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah ( Problem Based Learning ) agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, serta membantu siswa memahami materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama.Uji kompetensi tersebut dilakukan dalam bentuk penilaian portofolio yang merupakan pengakuan atas pengalaman profesional guru dalam bentuk penilaian terhadap kumpulan dokumen yang mencerminkan kompetensi guru.

Tujun PTK adalah Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memperdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah. Fungsi dan Kegunaan PTK adalah Untuk kenaikan pangkat mulai dari III b ke atas wajib ada publikasi Karya Ilmiaah atau karya inovatif semakin tinggi pangkat semakin banyak kriterianya yang beda-beda,Sedangkan untuk anik pangkat ke IV B malah harus ada artikel di muat di jurnal panduannya di PERMENPAN- RB NO 16 TAHUN 2009 bagian publikasi karya ilmiah Salah satu komponen penilaian tersebut adalah karya pengembangan profesi. 

Contoh Pembuatan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) Untuk Sekolah Format Baru
Berkas filenya

Dalam panduan penyusunan portofolio untuk sertifikasi guru yang diterbitkan Departemen Pendidikan Nasional (dalam Suhardjono, 2006) dikatakan bahwa karya pengembangan profesi yaitu suatu karya yang menunjukkan adanya upaya dan hasil pengembangan profesi yang dilakukan oleh guru. Salah satu komponennya adalah laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) baik secara individu maupun kelompok.Dalam PTK guru dapat meneliti secara mandiri atau bersama dengan tenaga ke pendidikan yang lain (secara kolaboratif) terhadap proses dan produk pembelajaran secara reflektif di kelas. 

Dengan PTK, guru dapat memperbaiki praktek-praktek pembelajaran agar lebih efektif. PTK juga dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek. Alasannya, setelah PTK guru akan memperoleh umpan balik yang sistematik mengenai pembelajaran yang selama ini dilakukan apakah cocok dengan teori belajar mengajar dan dapat diterapkan dengan baik di kelasnya. Melalui PTK guru dapat mengadaptasi teori yang ada untuk kepentingan proses dan produk pembelajaran agar lebih efektif dan optimal. Unduh filenya disini:

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments